Senin, 08 April 2013

Putus Tapi Masih SAYANG


Putus cinta emang nyakitin apapun cara putusnya tetep nusuk ulu ati nampar kepala pecah malahan bisa bikin galau level dewa! Tapi mau gimana lagi, kalo emang udah putus, ya mau gak mau sih harus nerima kenyataan udah putus. Titik! Cuman beban pikiran neh biasanya tumbuh subur malah berkembang alias pemikiran yang aneh-aneh tuh berkembang kemana-mana. Bahkan gak tanggung-tanggung perkembangannya tuh bisa setengah gak waras.

Putus cinta itu sebetulnya gak parah-parah amat sih kasusnya kalo mau pake prinsip “cinta sih cinta tapi otak juga kudu dipake” cuman umumnya banyaknya yang melulu mengandalkan perasaan semata. Bukan cuman itu aja, putus cinta itu bukan akhir segalanya asalkan jangan sampe putus harapan!

Kasus putus cinta penyebabnya macem-macem. Yang mau kita bahas sekarang adalah putus tapi masih sayang! Nah loooh! Gimana tuh?!

Sebenernya wajar ato pantes ato boleh nggak sih kalo udah putus tapi masih sayang trus enaknya gimana gitu loh biar gak bikin galau? Gak ada yang ngelarang sih, juga gak ada yang ngedukung soal putus tapi masih sayang itu boleh nggaknya. Bawaan abis putus cinta tuh emang beda-beda tiap orang, semuanya tergantung dari kemampuan dan cara pandang pribadinya juga sih. Yang bikin galau menderita gara-gara putus cinta biasanya karena dominasi perasaan yang diperkuat sama permainan pikiran diri sendiri yang tak terkendalikan.

Putus itu bisa jadi berkah ato musibah tergantung dari cara kita menyikapi persoalannya. Kalo emang kehadiran dia bikin runyam hidup, putus cinta bisa jadi berkat karena lepas dari kerunyamannya si dia. Cuman susahnya kalo kehadiran si dia itu sangat spesial dan trus bikin  hidup jadi lebih  hidup, nah ini yang biasanya kasus putus cinta jadi musibah banget. Tapi segala musibah itu sebetulnya bisa diubah jadi berkah loh kalo kita mau! Semuanya itu tergantung dari cara pandang kita dan dari cara kita menyikapinya.

Nerima kenyataan dalam hal apapun adalah kunci awal biar bisa keluar dari setiap masalah dengan cepat. Terima kalo diputuskan itu emang kenyataan yang terjadi dalam hidup kita. Sebagai buktinya kalo kita gak bisa nerima kenyataan itu kayak begini neh, masih nancep di pikiran tuh sejumlah pertanyaan pada diri sendiri kayak,”Kok bisa sih dia mutusin aku? Salahku tuh apa ya? Aku masih sayang sama dia. Gimana yah supaya bisa balikan lagi?”.

Selama pikiran kita dipenuhi sama pertanyaan-pertanyaan kayak gitu yang bikin perasaan jadi melo, waaaaah …. Trus mau gimana bisa mau keluar dari lubang masalah meraih hari esok yang lebih baik! Waktu dan energi cuma dihabiskan untuk memikirkan yang begitu-begitu yang pada akhirnya bikin perasaan jadi galau terombang-ambing. Kita harus realistis, putus sih putus, kecewa sih kecewa tapi hidup kan harus jalan terus. Coba pikir deh, detik ganti menit trus ganti jam trus ganti hari, trus ganti minggu trus ganti bulan dan tahun dan seterusnya, trus siapa yang bisa hentikan itu semuanya hanya karena kita lagi off dulu soalnya lagi melo, lagi bete, lagi kecewa lagi galau. Gak bisa kan? Mau segalau apapun juga waktu terus bergulir, hidup terus berjalan.

So, kalo kita gak kendalikan pikiran kita, trus kita mau membiarkan hidup kita dikendalikan sama perasaan yang pada akhirnya bikin kita jadi seseorang yang berkepribadian mood-mood an, yang hanya menikmati hidup itu tergantung dari mood saat itu, yang mana dangkal banget dan gak punya kekuatan untuk hidup.

Kalo kita dalam situasi udah putus tapi masih sayang, itu bukan berarti harus puter otak kanan kiri jungkir balik cari cara untuk mendapatkan dia lagi ato bingung enaknya musti gimana. Sayang sih sayang tapi bukan bersikukuh harus tetep sambil memilikinya juga looh! Gini loh, ada saat-saat tertentu dimana rasa sayang yang kita miliki ini diuji dan diminta untuk diberikan tanpa harus dengan memilikinya.

Kalo memang masih sayang tapi udah putus,  yang terbaik adalah tunjukkanlah rasa sayang itu melalui kebesaran hati dan jiwa kita menerima keputusannya putus dari kita, hepi melihat dia punya pilihan yang lain dan merasa okay dan gak nyesek menerima dia bersama orang lain. Berbesar hati adalah wujud refleksi rasa sayang yang terbaik buat kita sendiri dan si dia.

Gak bakalan gampang sih tapi ini bukan hal yang mustahil! Siapa pun bisa melakukannya kalo mau melakukannya, kalo mau mengubah pola pikir kita. Gak bakalan rugi koq, semua efek baik dan positifnya berbalik lagi buat diri kita. Jangan cuman sampe dipikirkan aja ya buat menerima dan berbesar hati itu, tapi lakukanlah. You can do it!

0 comments:

Posting Komentar

KATAKAN APA YANG INGIN KAU KATAKAN, TULIS APA YANG INGIN KAU TULIS, SIMPAN APA YANG DAPAT KAU SIMPAN DARI BLOG INI :)

 
;