Senin, 22 April 2013

Si Kotak Ajaib


Tahun ini, ada mainan lama yang tiba-tiba booming di kalangan masyarakat. Mainan tersebut yaitu si kotak warna-warni Rubik. Di mana-mana banyak yang menjual dengan harga dan model yang macem-macem. Apa sebenarnya yang menarik dari kotak warna-warni ini?

Permainan menjungkir balikan kotak yang berwarna warni pada tiap sisinya dan yang terdiri dari kotak kotak kecil serta disusun sedemikian rupa sehingga bisa di geser, diputar, dijilat, dicelupin deh. Hehehe… klo kamu suka itu juga. Permainan ini memang jarang sekali di mainkan di masyarakat, tapi akhir akhir ini sudah banyak di minati,.. buat asah asah otak biar otak kaga tumpul plus biar keliatan pinter juga hehehe…. (kebanyakan hehehe nya perasaan) Nah kaya gini nih gambarnya!!


                                                   Udah tau kan…
              (Sukur kalo udah tau, kalo belum yaa apa bole buat, ntar gue jelasin deh)

Serba-serbi RUBIK

Kelahiran
Tahun 1974, seorang profesor ilmu arsitektur asal budapest, Hungaria mencoba membuat satu alat peraga untuk menjelaskan tentang ilmu "geometri" bangun ruang 3 dimensi. Profesor yang kreatif ini bernama Erno Rubik. Namun, bukannya menghasilkan model alat peraga yang gimana-gimana, Prof. Rubik ini malah buat suatu mainan dari 26 balok kayu yang disambung-sambung dan bisa diputar-putar.

Jelas, model awal ini agak beda dengan rubik yang kita kenal sekarang. Meski begitu, itulah awal lahirnya kotak ajaib ini. Uniknya, Prof. Rubik sendiri konon sempat hampir putus asa waktu mainin karyanya sendiri. Gimana ngak, kalo dihitung-hitung kemungkinan buat bikin variasi warna dari kotak ini saja bisa sampai 43.252.003.274.489.856.000 variasi!!!. Tanpa petunjuk, Prof. Rubik perlu waktu sebulan buat menemukan kombinasi yang sempurna. Meski begitu, menurut perhitungan, komputer saat ini, satu kombinasi sempurna sebenarnya bisa dibuat dengan kurang dari 20 langkah.


Rubik banyak sekali macamnya. Tapi yang paling sederhana adalah rubik 3 X 3.= 9 (Angka sembilan jawaban gue klo ada jawaban yang lebih benar dari gue silahkan kasih komen aja) 
Buat gue ngeberesin ntu kotak bener2 GAMPANG banget, kedip mata pun gue sanggup *songong bgt ni org*. Tapi kalo udah jago yang 3x3 nyari lagi yang agak puyengan yah 16x16, biar tambah botak tuh pala, itu juga kalo ada. Dan setelah Googling goggling ada banyak sekali teknik buat nyelesain si kotak ajaib ini. 
Mau tau gmana teknik nyelesainnya??? Kalo mau tau gimana teknik2 nya, wes tungguin postingan gue yang selanjutnya ya....

SEE YOU :)

0 comments:

Posting Komentar

KATAKAN APA YANG INGIN KAU KATAKAN, TULIS APA YANG INGIN KAU TULIS, SIMPAN APA YANG DAPAT KAU SIMPAN DARI BLOG INI :)

 
;